Rabu, 29 April 2020



Cara kerja mesin motor 2 Tak :


Untuk mendapatkan 1 kali tenaga hasil dari pembakaran gas, motor 2 tak ini memerlukan 2 kali gerakan piston naik dan turun, dengan sekali putar poros engkol.

 Pertama : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA).

Kedua : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB).

Untuk penggunaan bahan bakar bensin yang di campur dengan oli, baik secara langsung (langsung di masukan ke dalam tangki bensin atau pun yang cara terpisah (ada tempat oli samping)

Motor 2 Tak biasanya tidak memiliki katup, maka motor 2 tak ini menggunakan red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.


Pada bagian mesin pada piston hanya mempumyai 2 buah ring, ring compressi 1 dan ring compressi 2. Setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi cylinder (primer) dan carter (sekunder)

Motor 2 Tak tidak memerlukan/tidak memiliki  katup, perawatan lebih mudah dibandingkan dengan 4 tak.

Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus

Motor 2 Tak jika dibandingkan dengan motor 4 Tak , untuk power atau tenaga yang dihasillkan lebih besar di bandingkan dengan motor 4 tak, walaupun dengan kapasitas mesin motor yang sama.



Cara kerja mesin motor 4 Tak :


Untuk mendapatkan 1 kali tenaga, diperlukan 4x gerakan piston naik dan turun dengan 2 kali putaran poros engkol.

TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)

TAK 2 : Gerak kompresi (piston bergerak dari TMB menuju TMA)

TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)

TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA) Ditinjau dari jenis bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder

Pada Motor 4 tak untuk proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya biasanya selalu berdiri sendiri-sendiri sehingga kinerja mesin motor akan lebih presisi, efisien, baik itu untuk jarak putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar.

Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat dan Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli

pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektif .

motor 4 tak ini memiliki suhu panas mesin lebih rendah jika di bandingkan dengan mesin yang terdapat pada mesin 2 tak


0 Comments:

FOLLOW ME

Facebook  Twitter  Instagram  Youtube

SHARE

TAG

Diberdayakan oleh Blogger.

BLOG ARCHIVE

POPULAR POST

ALAMAT

ANNAS JAYA MOTOR

Jl. Melati, Kios depan kolam renang Samudera Jl. Kartini Tegal.
( Patokan belakang tiang reklame Tegal Kota Bahari )

Tlp/WA: 0857-2814-0556